Harga Nokia 6 - Dulu Nokia pernah merilis hp cendekia Android, Nokia X yang ga laris dipasaran. Selain alasannya yaitu UI-nya aneh, spesifikasinya juga rendah. Nah, kini Nokia kembali lagi merilis hp yang jauh lebih menjanjikan, yakni Nokia 6. Berikut mereview Nokia 6 disertai harga terbarunya.

Review Nokia 6

Desain Nokia 6
Nokia 6 yaitu hp yang cukup glamor ketika dilihat dari depan, layar hitam pekat plus beling lengkung 2.5D yaitu penyebabnya. Sebaliknya, hp ini jadi terkesan sederhana ketika dilihat dari belakang. Desain polos dan modul kamera minimalis tapi agak menonjol jadi alasannya.
Banyak juga yang bilang hp ini ibarat ASUS Zenfone 3 alasannya yaitu ada garis chrome di sekeliling layarnya. Apapun evaluasi Anda, yang terang Nokia 6 mempunyai bodi yang tipis, licin, gampang terceplak sidik jari, tapi juga kokoh. Rangka bodinya sangat solid dan keras.

Buat Anda yang hobi chatting, Nokia 6 juga disertai LED notifikasi berwarna biru. Tidak ada opsi untuk mengubah warnanya. Sementara disisi dagunya ada dua tombol kapasitif, yakni tombol menu, dan back dengan backlight berwarna putih. Ditengahnya ada tombol home, yang ternyata yaitu tombol kapasitif, bukan fisik. Tombol ini juga tidak bisa ditekan, alias hanya bisa disentuh saja yang disertai efek getar.

Selain tombol home, Anda juga bisa menyimpan 5 sidik jari ditombol ini. Kecepatannya bisa dibilang tidak mengecewakan saja. Disi kirinya terdapat slot sim card hybrid. Sementara disisi kanan terdapat tombol volume dan power yang sangat tipis, tapi cukup empuk. Sedangkan disisi bawah terdapat port microUSB.
 Dulu Nokia pernah merilis hp cendekia Android Info Harga Nokia 6 dan Review Lengkapnya

Software Nokia 6
Sesuai janjinya, Nokia 6 eksklusif membawa OS Android Nougat 7.0. Sayangnya alasannya yaitu dijual ekslusif di Tiongkok, Nokia 6 tidak mempunyai aplikasi Google Play. Saya sempat mencoba menginstal memakai Google Installer ibarat yang biasa saya lakukan pada hp Xiaomi, Meizu, atau OnePlus. Tapi sayangnya selalu gagal alasannya yaitu Google Play Service tidak sanggup berjalan. Saya pun belum sempat mencoba untuk melaksanakan root untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Beralih soal User Interface, tadinya saya kira UI Nokia 6 tidak mempunyai app drawer, ternyata saya keliru. Karena ada opsi untuk mengaktifkan app drawer. Ada pula pilihan untuk mengubah efek transisi dikala menggeser halaman home screen.

UI ini juga disertai sedikit fitur motion, ibarat menghadapkan layar ke bawah untuk menolak telepon, menggoyangkan hp unuk mengganti lagu dikala mendengarkan musik, atau menekan tombol power dua kali untuk mengaktifkan kamera. Sayangnya Nokia tidak menyertakan pilihan theme untuk menghilangkan kejenuhan apabila kita bosen melihat tampilannya.

Nah UInya sendiri mengkonsumsi 50 persen dari kapasitas RAM, tapi setidaknya ciri khas Nokia masih tetap ada untuk sekedar bernostalgia. Kita bisa merasakannya dari nada khas Nokia dikala menyalakan hp ataupun dikala mendapatkan panggilan telepon.

Hardware Nokia 6
Anda para pemuja spesifikasi ataupun kaum AnTutu-diah mungkin bakal memandang Nokia 6 dengan sebelah mata. Wajar memang, alasannya yaitu prosesor yang dibawanya yaitu CPU entry level Snapdragon 430 dengan clock speed 1.4 GHz. Meski punya 8 inti core, skor AnTuTu nya masih berada dibawah 50 ribu poin.

Tapi buat Anda yang lebih mementingkan fungsi tanpa perduli spesifikasi, Nokia 6 sesungguhnya punya performa yang mumpuni. Buktinya yaitu game Clash Royale yang bisa dijalankan dengan lebih lancar, bahkan dibanding CPU deca-core Mediatek Helio X20. Untuk bermain Asphalt 8, fps yang dihasilkan masih tinggi.

Sementara untuk multitasking, kemampuannya tidak mengecewakan dengan RAM 4GB. Anda pun bisa menginstal banyak aplikasi media sosial, ataupun menyimpan banyak musik atau foto berkat kapasitas storage 64GB.

Menonton videopun bisa dilakukan dengan nyaman, pertama alasannya yaitu kualitas layarnya yang optimal. Layar Nokia 6 terbuat dari panel IPS berlapis Gorilla Glass 3. Tampilannya glossy dan tajam dengan resolusi full HD. Ada pula opsi untuk mengatur temperature layarnya, serta pelindung mata blue light filter.

Kedua, alasannya yaitu adanya lubang speaker stereo. Lubang speaker utara terletak disisi bawah, sedangkan lubang speaker lainnya menyatu dengan earpiece. Ditambah dengan tunjangan teknologi Dolby Atmos kualitas suaranya tergolong memuaskan, meski gotong royong ada kelemahan alasannya yaitu treble nya lebih lebih banyak didominasi ketimbang bass.

Lalu, seberapa besar lengan berkuasa baterainya? Nokia membekalinya dengan kapasitas baterai 3000 mAh. Baterai ini bisa terisi penuh dalam waktu 1,5 jam. Sedangkan untuk penggunaan aktif internetan dan sesekali bermain game, screen-on-time yang dihasilkan sekitar 4 jam.

Kamera Nokia 6
Dari dulu Nokia dikenal piawai membuat kaera hp berkualitas. Kareanya, saya tidak mencurigai kamera Nokia 6. Apalagi resolusi tinggi, yaitu 16 megapixel di belakang, dan 8 megapixel di depan. Kamera utamanya didukung PDAF dan dual LED flash dengan bukaan f/2.0.
Kita bisa mengaktifkan kameranya dengan menekan tombol power dua kali. Antarmukanya cukup sederhana, tapi Nokia menyediakan gimmick berupa tema dengan 3 pilian warna tambahan. Gimmick lain yang ditawarkan yakni watermark berupa lokasi, temperature suhu atau goresan pena yang bisa dicustom.

Selain itu, mode foto yang disediakan tidak banyak, hanya ada auto, panorama, HDR, dan touch up, tanpa mode manual. Kameranya sendiri hanya bisa menghasilkan foto JPEG, tidak bisa RAW. Sementara untuk memotret burst bisa dengan menekan shutter saja.

Secara keseluruhan kualias kameranya sangat tajam selama cahaya mencukupi. Ketika Anda memotret dengan cahaya kurang layak, maka Anda akan mendapati cukup banyak noise, tapi tetap tajam. 

Harga Nokia 6

Rp 5.000.000,-

Spesifikasi Nokia 6

GENERAL
Jaringan GSM / LTE
DUAL Nano-SIM
Mulai Dikenalkan Januari 2017
LAYAR
Tipe Sentuh kapasitif 16 juta warna IPS LCD
Dimensi 5,5 inci, 1080 x 1920 pixels ( 403 )
Multitouch Ya
Perlindungan Corning Gorilla Glass 3
User Interface
BODY
Ukuran / Berat
panjang 154 x lebar 75.8 x tebal 8.4 mm / 169 gram
Varian Warna Black
AUDIO
Fitur
MP3, WAV ringtones dengan vibration
Jack 3,5 mm jack audio
Speakerphone Ya
- Active noise cancellation dengan dedicated mic
- Dolby Atmos
MEMORY
Internal 64 GB,dengan RAM 4 GB
Eksternal
microSD sampai 256GB
DATA
Kecepatan HSPA unduh 42.2/ upload 5.76 Mbps, LTE Cat4 unduh 150/upload 50 Mbps
WLAN
Ya
Bluetooth Ya
NFC -
USB / Port
microUSB versi 2.0, fitur USB On-The-Go
KAMERA
Depan / Selfie 8 megapixel, aperture f/2.0, 1.12 µm pixel size, 1080p
Belakang 16 megapixel , aperture f/2.0, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Video Record
1080p@30fps
FITUR
Sistem Operasi Android (Nougat) versi 7.0
CPU & chipset Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53 Snapdragon 430
GPU Adreno 505
Sensor Fingerprint, accelerometer, gyro, compass, proximity
Pesan SMS, MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Radio Tidak
GPS Ya, dengan tunjangan A-GPS, GLONASS
(tambahan) - Charging cepat
- Penampil dokumen
- Edit foto atau video
FITUR MEDIA
Kompatibilitas Video MP4/H.264
Kompatibilitas Audio MP3/WAV/eAAC+/FLAC
BATERAI
Tipe & kapasitas
Tanpa lepas Li-Ion 3000 mAh
Modus Stand-by
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: